go green

go green
rancak bannna....

Rabu, 26 Desember 2012

Sisi Lain Kehidupan



Hidup Penuh Perjuangan






Dari gambar yang ada diatas kita dapat melihat sisi lain dari kehidupan. Miris memang…
Tapi begitulah kehidupan. Banyak orang yang dapat menjalani hidup dengan mudah karena mereka memiliki semua kesenangan dan kebahagiaan tanpa harus mengalami lebih banyak ujian dan cobaan yang sulit untuk memperoleh semuanya. Dan juga banyak orang-orang yang hidup dengan penderitaan dan kesedihan yang tidak pernah ada akhirnya seperti halnya dengan tidak mendapat tempat yang layak untuk hidup. Tapi semua tetap bersabar menjalaninya karena mau tak mau hidup harus dijalani. Banyak kebutuhan mereka yang belum terpenuhi secara layak.  Kebutuhan yang diperlukan seperti kebutuhan akan makan, minum, tempat tinggal, bahkan kebutuhan dalam segi teknologi. Teknologi?????? Mungkin kata itu jauh dari kebutuhan mereka, karena mereka cenderung lebih memikirkan bagaimana caranya dapat bertahan hidup untuk suap demi suap makan untuk keluarga mereka. Teknologi pada gambar diatas mungkin bisa dikatakan jauh dari harapan. Mungkin teknologi yang mereka kenal baru teknologi yang sudah umum digunakan masyarakat ramai. seperti teknologi televise, radio, dan alat- alat rumah tangga yang biasa. Sedangkan untuk teknologi canggih seperti laptop, i- phone, computer, android dan segala macam belum mereka kenal.

Benar-benar keadaan yang memprihatinkan. Disaat dunia sudah semakin maju, mereka masih terpaku kepada hal- hal atau keadaan yang monoton. Semua terjadi karena keadaan yang tidak mereka inginkan. Untuk bisa makan setiap harinya saja sudah hal yang luar biasa untuk mereka.

Untuk memperbaiki keadaan tersebut memang sulit. Dibutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan untuk merubah semuanya agar menjadi lebih baik. Memperbaiki keadaan yang tersebut dapat dilakukan dengan peninjauan terhadap warga-warga yang tinggal di daerah tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik dari warga. Diharapkan dengan peninjauan lapangan akan dapat memberi ide baru untuk memperbaiki keadaan yang kurang bagus tersebut.

Karena diharapkannya perubahan untuk keadaan tersebut maka perlu dilakukan evaluasi terhadap keadaan tersebut. Cara yang dapar dilakukan untuk mengevaluasi keadaan tersebut dapat dengan cara menanggulangi sumber masalah dari keadaan tersebut seperti masalah kemiskinan. Kemiskinan umumnya merupakan kunci dari masalah yang banyak terjadi. Tapi factor yang lebih penting adalah manusia itu sendiri. Apakah mereka dapt bertahan dan sabar menjalani semua cobaan yang dialami dalam hidup.

Sebenarnya semua keadaan walau itu bagus atau buruk tergantung dari sudut pandang yang sudah pasti berbeda dari semua orang. Contohnya saja saat seseorang melihat gambar diatas mereka pasti berfikir “ tempat yang sangat jelek, kotor dan sembrawutan”. Tapi disisi lain saat orang lain melihat gambar tesebut mereka mungkin berfikir lebih bijak dengan turut prihatin atau sekedar kasihan bahkan akan ada yang mendoakan agar yang menjalani cobaan tersebut dapat tabah dan sabar menjalani semua lika- liku kehidupan yang hanya Allah yang tau penjelasannya.

Yang terpenting dari hidup ini adalah kita sebagai manusia apa pun yang terjadi harus bisa bersikap dengan baik. Walau kita kaya sekalipun kita tidak boleh sombong dengan kekayaan yang kita miliki karena semua yang kita punya adalah pinjaman sementara yang diberikan Sang Pencipta untuk kita menjalani hidup. Oleh karena itu kita  harus saling membantu sesama manusia. Kita harus membuka mata dan telinga kita lebar- lebar bahwa di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan untuk menolong mereka.

Sebenarnya kita harus berterima kasih kepada mereka karena dari mereka kita dapat mempelajari sudut pandang baru untuk lebih menghargai hidup yang kita punya. Kita harus meniru semangat berjuang yang mereka miliki dalam menghadapi semua cobaan yang ada sehingga walau kekurangan tapi mereka masih merasa bahagia karena adanya keluarga yang selalu mendukung saat apaun terjadi. Karena hidup berharga untuk disia- siakan… Allahu Alam……

Created by : Riri Agustiana  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar